Senin, 28 Januari 2013

Hal-Hal Yang Membuat Nyaman Pengunjung Blog


Kita terkadang sering banget mempercantik blog dengan berbagai widget yang  menurut kita keren & menarik. Tapi itu justru malah membuat pengunjung blog terganggu & membuat  mereka tidak nyaman mengunjungi blog kita. Padahal yang paling utama & penting didalam blog adalah kenyamanan dari pengunjung blog. Ada banyak hal yang membuat nyaman pengunjung blog & hari ini saya akan tuliskan hal2 yang penting saja, yang bisa membuat pengunjung nyaman mengunjungi sebuah blog. Yang pertama adalah :

1. Loading blognya cepat dan ringan.
Kalau blog kamu sekarang loadingnya masih sangat lama dan berat, maka segeralah hapus/hilangkan widget2 yang tidak penting. Karena biasanya blog yang terlalu banyak widgetnya akan membuat loading blog menjadi lama dan berat. Blog yang loadingnya cepat dan ringan, sangat disukai oleh para pengunjung blog. Karena membuat mereka juga bisa cepat melihat dan membaca isi artikel di blog kamu.

2. Template/tampilan blog yang sederhana.
Jika sekarang template blog kamu "rame banget"/back groundnya berwarna warni dan aneh2, maka gantilah segera template blog kamu dengan template yang sederhana. Template yang sederhana itu pasti lebih banyak disukai oleh para pengunjung blog.

3. Sediakan menu-menu navigasi yang bisa memudahkan pengunjung blog.
Contohnya adalah menu Artikel Terbaru, Komentar Terbaru, Kategori/Label Blog, Arsip Blog, Buku Tamu/Cbox, Artikel Terkait, Search/Pencarian, Top Komentator, Follow by Email, dan menu "about me/tentang saya" pakailah foto profil yang asli.

4. Rajin-rajinlah meng-update artikel/tulisan2 yang menarik dan bermanfaat.
Isi artikel itu adalah RUH/nyawa dari sebuah blog, maka buatlah artikel2 yang banyak dicari dan disukai oleh para pengunjung blog. Sebaiknya tulislah artikel2 dalam bidang yang kamu kuasai dan senangi. Perhatikan juga tulisan kamu, ukurannya jangan terlalu kecil ataupun terlalu besar, lebih baik yang normal/standar saja. Silahkan kunjungi link ini => Cara bikin artikel keren di blog.

5. Mudahkanlah pengunjung blog dalam berkomentar.
Jika sekarang blog kamu komentarnya masih menggunakan chaptcha/verifikasi kata dan moderasi/persetujuan admin, maka segeralah hapus/hilangkan. Karena verifikasi kata dan moderasi itu hanya akan membuat susah dan ribet/pusing pengunjung blog dalam berkomentar.

6. Jawablah segera mungkin komentar2 dari pengunjung blog.
Jawablah komentar pengunjung blog dengan bahasa yang santun dan baik. Walaupun terkadang ada juga yang berkomentar tidak nyambung dengan isi artikelnya, tetaplah kamu jawab dengan kata2 yang santun dan baik. Dan jawab juga chat/pesan di buku tamu/cbox kamu, itu jika blog kamu ada menu buku tamunya.

7. Gunakanlah hanya widget2 dalam blog itu yang sangat penting saja.
Widget2 yang aneh dan rame itu justru hanya akan menganggu/mempersulit pengunjung blog dalam membaca artikel2 didalam blog kamu. Pilihlah hanya widget2 yang bisa memudahkan pengunjung bertamu dirumah blog kamu.

8. Gunakanlah juga gambar2 yang sesuai dengan isi artikel yang kamu tulis.
Para pengunjung blog akan lebih tertarik membaca blog kamu , jika ada gambarnya. Apalagi kalau artikel yang sedang kamu tulis itu adalah tentang tutorial/tips dan triks blogging.

9. Balaslah kunjungan mereka dengan mampir diblognya juga.
Sebaiknya setiap ada yang berkunjung dan berkomentar diblog kamu, sudah selayaknya kamu balas berkunjung dan berkomentar diblognya juga. Itu adalah sebagai tanda silaturahmi antar blogger/penulis blog. Mungkin saja diblog mereka, kamu justru malah menemukan "ide" dalam menulis artikel yang menarik dan bermanfaat.

10. Follow / ikutilah blog mereka yang sudah berkunjung diblog kamu.
Walaupun mereka tidak menjadi followers/mengikuti blog kamu, lebih baik kamu follow/ikuti blog mereka, karena mereka sudah sudi mampir dan berkomentar diblog kamu. Mengikuti/menjadi followers blog orang lain itu akan membuat hati mereka menjadi senang dan bahagia. Dan mungkin saja mereka besok akan kembali lagi mengunjungi blog kamu dan mereka bisa juga malah menjadi pembaca yang setia diblog kamu.

Demikianlah 10 hal yang bisa membuat pengunjung blog menjadi merasa nyaman dan betah berkunjung di rumah blog kamu. Jika kamu punya hal2 lain yang bisa membuat pengunjung blog merasa nyaman berkunjung diblog , silahkan tulislah dikotak komentar ya .
#Salam Kaizen :-)

(http://danikaizen.blogspot.com/)
         





Baca Tulisan Terkait Lainnya :

20 komentar:

  1. setuju sama artikelnya.. langsung ngintipin blogku, kira2 pmbaca nyaman ngga yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. @rahmi, terimakasih...semoga blog kamu tambah menarik dan bikin betah pengunjung...hehehe :-)

      Hapus
  2. Terima kasih banyak tipsnya, selalu mengingatkan untuk berkarya lebih baik! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Abu_hafs, ya sama2......sip...saling mengingatkan dalam hal yg baik dan bermanfaat.... :-)

      Hapus
  3. tipsnya ada benarnya juga, sudah dipraktekin beberapa :D

    Keep sharing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Uchank, sip....
      #terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar diblog ini :-)

      Hapus
  4. Salam.
    Info dan tips yang menarik bro, sebagiannya sudah terapkan kecuali no 5, soalnya saya masih egois ngeblog, ingin senang sendiri.
    salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Beck, terimakasih mas bro...
      #hahahahahaa.....salam egois....qiqiiqi :-)

      Hapus
  5. lumayan deh buat tips - tipsnya aku mau coba ahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. @borescope, terimakasih....
      #silahkan dicoba...hehehe...

      Hapus
  6. bener banget deh, membuat pengunjung nyaman harus jadi prioritas. nice info gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @timbangan, kalau pengunjung blog sudah merasa nyaman diblog kita....mereka pasti akan kembali lagi besoknya...hehehe..
      #thanks gan :-)

      Hapus
  7. Kalo blog ku ini bagaimana gan?
    http://AndySites.Blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Andi Wijaya, sip sudah bagus....loading cepat dan ringan...
      #saran : coba ditambah widget arsip blog dan followernya ...

      Hapus
    2. @andi Wijaya, saran : tolong hapus/hilangkan verifikasi kata dan moderasi admin dikotak komentar blog kamu, karena itu hanya akan menyulitkan pengunjung blog dalam berkomentar.

      Hapus
  8. hmm, postingan yang ini sudah di edit ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @zeal*liyanfury, belum kok....bagian mana ya yg diedit ??
      #mohon koreksinya..

      Hapus
    2. @Zeal*Liyanfury, apa mungkin kamu baca artikel yg ini ya =>http://danikaizen.blogspot.com/2013/01/hal-hal-yang-membuat-tidak-betah.html#.UQd1UJgxpGY

      #memang isinya hampir sama sih...dengan artikel diatas...

      Hapus
  9. Menurut saya yang paling penting adalah isi kontent harus bermanfaat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Bisnis Online, sip (Y) :-)......setuju banget :-)

      Selain isi konten/artikel yang bermanfaat, sebaiknya kita juga harus sering blogwalking alias jalan-jalan ke blog orang lain..... :-)

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca tulisan2 di blog ini.
Selanjutnya, silahkan tinggalkan jejak kamu diblog ini
dengan menuliskan komentar kamu di "kotak komentar" yang sudah tersedia. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikelnya dengan menggunakan "Name/URL" atau akun google.

(Ma'af, untuk komentar yg menggunakan "anonymous" , komentar spam, komentar iklan/promosi, komentar yg cuma buang link hidup, komentar yg tidak sopan/kata2 kasar dan jorok, komentar menghujat/mengajak debat, pasti akan langsung saya hapus). NB. UNTUK KOMENTAR "TUKANG JUALAN OBAT-OBATAN" YANG KOMENTAR DI BLOG INI , PASTI AKAN LANGSUNG SAYA HAPUS !!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...