Selasa, 29 Januari 2013

Tips Mudah Mendapatkan Lebih Banyak Pengunjung Blog


Sebuah blog yang banyak pengunjungnya adalah impian dan dambaan setiap blogger/penulis blog. Karena blog yang banyak pengunjungnya, menandakan blog itu isi artikelnya pasti bagus dan bermanfaat. Apalagi kalau para pengunjung blog yang banyak itu juga berkomentar diblog kita, itu artinya blog kita sangat menarik bagi pengunjung blog. Oleh karena itu, hari ini saya akan memberikan tips mudah agar blog kamu lebih banyak pengunjungnya. Tips yang pertama adalah :



1. Pakailah template/tampilan blog yang sederhana.
Menggunakan template/tampilan blog yang aneh2 & rame banget backgroundnya, justru itu akan menyulitkan pengunjung dalam membaca artikel yang ada diblog kamu. Tampilan blog yang sederhana pasti akan lebih enak & sejuk dipandang oleh mata pengunjung blog. Dan pastinya kecepatan/loading blognya jadi terasa ringan dan kencang.

2. Tulislah artikel2 yang berkualitas, menarik & bermanfaat bagi banyak orang.
Jika kamu punya suatu keahlian tertentu yang positif, maka segeralah tulis di blog kamu dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami oleh banyak orang. Artikel2 yang berkualitas itu pasti akan membuat pengunjung blog merasa betah dan nyaman bertamu dirumah blog kamu.

3. Rajin-rajinlah update artikel terbaru didalam blog kamu.
Banyak2lah membaca buku atau membaca artikel diblog orang lain, agar kamu mudah mendapatkan ide cemerlang untuk menulis diblog. Tulislah minimal satu artikel setiap seminggu sekali, dan lebih baik lagi kalau kamu bisa waktunya, tulislah satu artikel setiap hari. Menulis artikel yang teratur setiap hari itu akan membuat kamu menjadi seorang ahli menulis. Dan para pengunjung blog kamupun pasti akan mendapatkan ilmu/hal2 baru setiap harinya dari blog kamu.

4. Blog walking alias sering2lah jalan-jalan keblog orang lain dan berkomentar.
Bacalah artikel terbarunya, kemudian komentarilah dengan bahasa yang baik dan santun.  Mungkin saja disana/diblog orang lain, kamu malah mendapat "ide" tulisan yang bagus dari berkunjung dan membaca artikel terbarunya. Dan jangan lupa Follow/ikuti juga blognya, kalau ada buku tamunya/cbox, tinggalkan jejak kamu dengan menyapa pemilik blog.

5. Mudahkanlah pengunjung blog dalam berkomentar.
Hapus atau hilangkan chaptcha/verifikasi kata dan moderasi/persetujuan admin dalam kotak komentar diblog kamu. Karena kalau di blog kamu masih ada verifikasi kata dan moderasi, itu hanya akan membuat pengunjung blog malas untuk berkomentar di blog kamu.

6. Jawablah secepat mungkin komentar dari pengunjung blog.
Komentar yang tidak dijawab, hanya akan membuat pengunjung blog merasa di abaikan/tidak dihargai. Dan itu akan membuat pengunjung blog menjadi malas untuk berkomentar lagi di blog kamu. Jawablah komentar dari pengunjung blog dengan bahasa yang santun dan baik. Karena menjawab komentar adalah sebuah penghargaan/rasa terimakasih dari kamu sebagai pemilik blog kepada para pengunjung blog, yang sudah bersedia dengan senang hati berkomentar di blog kamu.

7. Promosikanlah blog kamu dengan rajin dan senang hati.
Misalnya promosikan blog kamu di grup facebook, fans page facebook, twitter, website komunitas blogger indonesia, kaskus, kompasiana, blogdetik, atau promosikan juga dirumahnya mbah google. Jika kamu menulis status/berkomentar didinding facebook, cobalah sertakan link blog kamu, agar orang lain tau "nama blog" kamu dan kemungkinan besar dia juga akan mampir/berkunjung diblog kamu.

8. Jadilah diri sendiri yang percaya diri.
Maksudnya adalah jujur kepada diri sendiri, sertakanlah foto profil asli kamu dan biodata asli kamu pada about me/tentang saya. Pengunjung blog akan sangat respek/hormat kepada orang2 yang jujur, karena kejujuran itu adalah langkah pertama kamu untuk dipercaya oleh orang lain.

9. Teruslah belajar kepada orang2 yang ahli didalam dunia blog.
Belajarlah terus dari artikel2/tulisan orang2 yang sudah terkenal didalam dunia blog. Bertemanlah dengan para blogger popular di facebook atau twitter, follow/ikuti juga blog mereka. Bertanyalah kepada ahlinya/Master blogger tentang hal2 penting dalam blogging. Teruslah berlatih menulis yang baik/menarik dan ikutilah saran2 dari para blogger2 yang sudah hebat. Tak usah banyak alasan/membantah jika ada blogger lain  yang memberikan nasehat/saran terhadap blog kamu, agar blog kamu menjadi lebih baik lagi.

10. Berterimakasihlah dengan tulus kepada para pengunjung blog kamu.
Siapapun dia/pengunjung blog kamu, orang tua atau anak kecil, laki2 atau perempuan, seorang Master ataupun pemula sekalipun. Mereka layak mendapatkan penghargaan/apresiasi dari kamu. Walaupun itu terkadang hanyalah sekedar ucapan/kata2 terimakasih yang tulus. Dan taukah kamu, karena keberadaan merekalah/pengunjung blog, blog kamu menjadi lebih "hidup" dan terus bertahan sampai hari ini.

Terimalah dengan lapang dada dan jiwa yang besar setiap kritik/saran dari para pengunjung blog. Jika ada yang bertanya lewat kotak komentar, jawablah sesuai kemampuan yang kamu punya dengan bahasa yang mudah dipahami dan juga santun kata2nya.

=> Demikianlah tips mudah agar kamu mendapatkan pengunjung blog yang lebih banyak dari pengalaman ngeblog saya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan juga bisa langsung dipraktekkan tipsnya oleh para pembaca blog ini.
#Terimakasih semuanya, salam kaizen :-).

(http://danikaizen.blogspot.com/)





Baca Tulisan Terkait Lainnya :

24 komentar:

  1. terimakasih yaa atas tips nya..
    hmm, sangat bermanfaat untuk blogger pemula seperti saya. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Zeal*Liyanfuri, ya sama2....
      saya juga banyak belajar dari blognya kamu...:-)

      Hapus
  2. thanks atas infonya...
    like it..
    yah... yg pazti, rajin2 berkomen ria.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. @JeQ, ya sama2....
      sip, betull bnaget...rajin berkomentar diblog orang lain...*lihat tips no 4

      Hapus
  3. Wah..., sepuluh tips yang sangat penting itu, Mas, agar blog kita banyak pengunjung. Makasih banyak ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Akhmad Muhaimin Azzet, ya sama2....
      #ini juga saya lagi belajar dari blog2 yg keren, seperti blog punya Anda... :-)

      Hapus
  4. thank mas tips-tipsnya, salaman balik :)

    BalasHapus
  5. sip banget tipsnya :D kalau lama gak update blog dan blogwalking, akhirnya blog jadi sepi krik krik deh haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Uzzy Lintang Savitri, ya betuull...
      2 hal yg sangat penting => 1.buatlah artikel terbaru yg menarik dan bermanfaat, 2.sering2 blog walking + berkomentar... :-)

      Hapus
  6. Datang berkunjung~ Tipsnya mantab brow... Terutama point ke-4 :D

    Salam Creative~

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Glen Tripollo, hahaha....terimakasih sahabat....ini juga karena banyak belajar dari Master Blogger Glen....hehehe
      Point ke 4 memang mantap dan manjur banget....sekarang blog ini juga mulai banyak pengunjungnya dan komentarnya...

      #salam kaizen :-)

      Hapus
  7. Klo sy paling sulit yg no.4 krn tdk semua jenis tulisan cocok sama sy. Trus klo mau koment mikir2 dulu biar g' asalan.
    Tpi klo tips ttg blog seperti ini sy paling suka.

    Makasi ya .. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Abu_hafs, no 4 itu sulit biasanya karena kita sudah terlalu sibuk didunia nyata dengan pekerjaan/sekolah.....

      karena tidak cocok tulisannya dgn kita, justru kita bisa belajar sesuatu dari sudut pandang orang lain yg terkadang tak terpikirkan oleh diri kita...

      sebenarnya komentar itu yg penting adalah dgn kata2 yg santun, walaupun terkadang kita tidak setuju dgn apa yg ditulisnya...sebaiknya berilah saran/nasehat, bukan mengkritik/menyalahkannya dgn bahasa yg kasar...

      Tapi menurut saya Anda adalah orang yg cerdas dan bijak dalam berkomentar, buktinya komentar Anda santun/baik dan menyenangkan hati saya...

      #ya sama2.....terimakasih juga Anda sudah sering berkunjung dan berkomentar disini....salam Kaizen :-)





      Hapus
  8. halo kak salam kenal, saya udah baca sebagian blog kakak. bagus2 ya isinya...dan stelah saya baca yang ini, saya jd ga jadi aah masang lagu d blog hehehe... kalo mau berkunjung ke blog saya boleh aja tp berantakan banget, isinya serba ada,, jadi malu hehehe.... maklum saya baru belajar . http://raishamadrin.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Raisha Madrin, salam kenal juga ya...terimakasih untuk pujiannya....saya juga baru belajar kok...hehehe...

      #saya pasti akan berkunjung diblog kamu, tunggu ya... :-)

      Hapus
  9. kalo blog saya gimana ???? sederhana gak ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. @pelangi anggita, blog kamu bagus dan keren !!! :-)
      saran : untuk LINK MASYARAKAT nya coba pakai scroll, biar gak terlalu panjang.....

      Hapus
    2. Pake scroll crnya gmn mas? Huhu -_-' gak ngerti.

      Hapus
    3. @pelangi anggita, cara saja dirumah Mbah Google, keywordnya/kata kuncinya, "cara membuat link scroll di blog". Tapi kayaknya "Link masyarakat nya" juga sudah dihapus ya ?? kok gak ada lagi di blog ??

      oh ya, lebih baik blognya dikasih "menu yg diatas sendiri", yg conrohnya ada HOME, TENTANG SAYA, dll....

      caranya buka semua postingan, dan disebelah kiri kan ada banyak menu.....klik saja yg tulisan LAMAN....

      Hapus
    4. Hahaha iya linknya sudah saya hapus.
      Laman? Sudah ada kok diblog saya.
      Oya salam kenal yaaa ..
      Btw bisa ajarin html template gak?

      Hapus
    5. @pelangi anggita, wah,saya belum bisa html template.....template blog ini saja masih bawaan blogger.....belum di utak atik html templatenya....hehehee :-)

      kamu berkunjung & tanya saja sama maskolis.com atau mastemplate.com

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca tulisan2 di blog ini.
Selanjutnya, silahkan tinggalkan jejak kamu diblog ini
dengan menuliskan komentar kamu di "kotak komentar" yang sudah tersedia. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikelnya dengan menggunakan "Name/URL" atau akun google.

(Ma'af, untuk komentar yg menggunakan "anonymous" , komentar spam, komentar iklan/promosi, komentar yg cuma buang link hidup, komentar yg tidak sopan/kata2 kasar dan jorok, komentar menghujat/mengajak debat, pasti akan langsung saya hapus). NB. UNTUK KOMENTAR "TUKANG JUALAN OBAT-OBATAN" YANG KOMENTAR DI BLOG INI , PASTI AKAN LANGSUNG SAYA HAPUS !!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...