Sabtu, 26 Januari 2013

Hal - Hal Yang Membuat Tidak Betah Pengunjung Blog


Setiap blogger pasti ingin blognya di kunjungi oleh banyak pengunjung, dan betapa senangnya hati kita kalau ada pengunjung yang setia dan betah banget membaca isi artikel/tulisan2 diblog kita. Tapi sayangnya banyak pengunjung yang tidak betah alias cuma mampir sekali saja, kemudian dia pergi tanpa meninggalkan jejak di kotak komentar. Oleh karena itu, hari ini saya ingin menuliskan hal2 apa saja yang membuat TIDAK BETAH pengunjung blog. Yang pertama adalah :

1. Loading blognya terlalu lama.
Kalau blog kamu loadingnya terlalu lama, akan membuat pengunjung tidak jadi membuka blog kamu, karena mereka pasti akan malas menunggunya. Kamu tau kan, menunggu itu adalah pekerjaan yang paling membosankan didunia ini. Dan biasanya, loading blog menjadi lama/berat itu karena terlalu banyak widget yang tidak penting diblognya kamu.

2. Template/tampilan blog yang tidak enak dipandang mata pengunjung.
Contohnya adalah template yang berwarna terlalu gelap sehingga tulisan/kata2 dalam artikelnya menjadi sulit dibaca pengunjung. Begitu juga dengan template yang terlalu cerah, biasanya yang berwarna merah menyala, karena warnanya itu bisa menyilaukan mata pengunjung.

3. Terlalu banyak widget/fitur blog yang tidak penting banget.
Misalnya : widget jam, kalender, flash animation, animasi ikan/hamster, video you tube, foto/gambar slide.

4. Banyak widget2 yg menganggu pengunjung blog dalam membaca artikel blog.
Contohnya : back sound musik, pop up selamat datang, pop up like fans page facebook, pop up iklan, kursor yang bentuknya aneh2, animasi hujan/salju, burung twitter yang melayang2. Silahkan kunjungi link ini => widget2 yang sebaiknya dihilangkan.

5. Blog yang artikelnya tidak jelas tema nya.
Maksudnya adalah blog yang isi artikelnya campur aduk, apapun tema ada di blognya, dari masalah cinta, berita, tutorial blog, gosip selebritis, dakwah agama, bahkan sampai curhatpun ada juga.

6. Artikel atau tulisannya sulit dibaca.
Tulisannya biasanya yang berwarna warni ramai banget, huruf kecil dan besar kurang pas penempatannya. Ukuran hurufnya terlalu kecil atau hurufnya malah terlalu besar sehingga memenuhin halaman blog. Banyak salah ketik dalam menulis kata2nya, paragrafnya terlalu gembrot alias terlalu panjang sehingga membuat mata cepat lelah dalam membaca.

7. Artikelnya tidak bermanfaat untuk pengunjung.
Contohnya adalah artikel curhat se-hari2 yang isinya cuma keluhan saja, artikel2 yang suka menebar kebencian kepada orang lain/kelompok lain, artikel2 yang isinya cuma menyalahkan dan menghujat pendapat/pemikiran orang lain yang berbeda.

8. Malas meng-update blog.
Jangan biarkan blog kamu tak ter-urus terlalu lama/berbulan-bulan, karena blog yang jarang di update/diperbarui, lama kelamaan pasti akan ditinggalkan oleh pengunjung blog. Oleh karena itu rajin2lah update blog kamu setiap hari, atau minimal satu minggu sekali ada postingan terbaru diblog kamu.

9. Malas menjawab komentar.
Sesibuk apapun kamu, ketika kamu ada kesempatan online/membuka blog , sebaiknya jawablah komentar dari pengunjung. Dan walaupun diblog kamu itu cuma ada satu komentar saja dari pengunjung, tetaplah dijawab. Begitupun juga jika blog kamu menggunakan chaptcha/verifikasi kata dan moderasi/persetujuan admin dalam kotak komentarnya, itu akan sangat membuat pengunjung malas untuk berkomentar diblog kamu, karena itu terlalu ribet/susah dan merepotkan saja.

10. Terlalu banyak iklan yang tidak penting diblog.
Pada umumnya pengunjung blog itu tidak suka blog yang ada iklannya, apalagi kalau iklannya terlalu banyak memenuhin halaman blognya. Kalau blog kamu ada iklannya, lebih baik isi iklannya yang wajar saja, tidak usah terlalu memenuhi blognya.

Sebenarnya masih banyak hal2 yang membuat tidak betah pengunjung blog, tapi saya cukupkan sampai 10 hal saja dulu ya. Jika teman2 mau menambahkan hal2 yang lain silahkan saja, tulis dikotak komentar dibawah postingan ini. Tolong juga mohon kritik dan sarannya untuk perbaikan blog ini.
#Terimakasih....salam Kaizen :-)

(http://danikaizen.blogspot.com/)





Baca Tulisan Terkait Lainnya :

16 komentar:

  1. Nice share mas...
    Saya pakai crusor bunga, aneh ga tuh mas...? hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Niken Kusumowardhani, terimakasih Bunda.... :-)
      Kalau menurut aku sih lebih baik pakai kursor yg biasa saja, karena itu akan memudahkan pengunjung blog...

      Tapi kalau Bunda, keberatan..ya tidak usah diganti..pilihan terbaik kan ada ditangan Bunda.... hehehe :-)

      Hapus
  2. Wah setuju banget mas! apalagi sama blog yang penuh sama iklan doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Ismail Fajar, terimakasih....

      #blog yg terlalu banyak iklannya memang menyebalkan bagi pengunjung blog....

      saran : itu blognya masih ada widget jam dan kalendernya ya ?? lebih baik dihapus saja.....karena bisa membuat loadingnya jadi lama...*yg penting dalam blog itu kan conten/isi artikelnya yg bermanfaat....

      Hapus
  3. Alhamdulillah pengunjug blogku beberapa hari ini tiap hari paling sedikit 200an pernah sampai 400, tp tdk tahu apakah mereka betah dan puas ato tdk, krn jarang yg komentar.
    Tpi tugas kita cuma menyampaikan yg terbaik, biar Allah yg Maha Adil yg menilainya.
    Terima kasih mas atas tipsnya! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Abu_hafs, sip dong....banyak pengunjungnya....biasanya kalau pengunjung itu betah diblog kita, karena isi artikel kita bermanfaat untuk dia....

      #ya sama2.....terimakash juga sudah mampir diblog ini.. :-)

      Hapus
  4. Makasih tips nya mas..
    jika berkenan, mohon beri masukan pada blog ku ini http://andysites.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Andi Wijaya, ya sama2...
      blognya sudah bagus kok, sederhana sekali...
      #sepertinya akan lebih baik lagi kalau blognya dikasih "arsip blog", biar pengunjung bisa melihat2 tulisan2 yg terdahulu...hehehe....

      Hapus
  5. nice share sob jalan2
    www.siteknonusantara.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Aku sebel jika :
    1. komentarku harus nunggu moderasi
    2. tidak disediakan name / url pada form comment(tipe egois)
    3. form komentar hanya pake fb comment (tipe egois)
    nomer dua dan tiga maunya enak sendiri, dia bisa bikin link di tempat lain tapi orang lain tidak boleh bikin link di tempatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Pak Sodikin, hahahahaaa...ya betuulll...aku juga pernah mengalami hal2 tersebut....

      #terimakasih sudah mampir diblog ini dan berkomentar :-)

      Hapus
  7. hello,
    saya ngga terlalu ngerti tentang dunia perblogan
    saya udah agak lama jg nulis diblog tapi saya cuma nulis aja yang emang saya mau tulis
    baru sadar sekarang2 ini ternyata tulisan yg bermutu itu penting juga
    heheh nice share ka'

    BalasHapus
    Balasan
    1. @UYS, hello juga....ya betull, tulisan2 yg bermutu itu pasti juga akan banyak dicari oleh pengunjung blog......
      #thanks :-)

      Hapus
  8. Kalau saya belajar otodidak, jadi antara moderasi dan enggak semua bertahap, bisa karena klik, dan lupa undo. Entahlah. Keep spirit aja. Blog saya juga rasa gado-gado sama pecel, Mas ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Khulatul Mubarokah, terimakasih sudah berkunjung di blog ini......

      *salam gado-gado dan pecel......hehehe :-P

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca tulisan2 di blog ini.
Selanjutnya, silahkan tinggalkan jejak kamu diblog ini
dengan menuliskan komentar kamu di "kotak komentar" yang sudah tersedia. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikelnya dengan menggunakan "Name/URL" atau akun google.

(Ma'af, untuk komentar yg menggunakan "anonymous" , komentar spam, komentar iklan/promosi, komentar yg cuma buang link hidup, komentar yg tidak sopan/kata2 kasar dan jorok, komentar menghujat/mengajak debat, pasti akan langsung saya hapus). NB. UNTUK KOMENTAR "TUKANG JUALAN OBAT-OBATAN" YANG KOMENTAR DI BLOG INI , PASTI AKAN LANGSUNG SAYA HAPUS !!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...